Rabu, 23 Juni 2021

Bertaqwa


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Bertaqwa

Abu Dzar Al-Ghifari dan Muadz bin Jabal adalah dua sahabat yang meriwayatkan dari Rasullullah  Shallallahu'Alaihu Wa Sallam "Bertaqwalah kepada Allah dimanapun berada, ikutilah yang buruk dengan kebaikan, niscaya yang baik akan menghapuskan yang buruk dan pergauliah manusia dengan pergaulan yang baik".

Apakah arti taqwa? Bertaqwa artinya membuat penghalang antara diri kita dengan sesuatu yang kita takuti.

Bertaqwa kepada Allah artinya membuat penghalang antara diri kita dengan murka dan adzab Allah Swt.

Bagaimana caranya agar kita terhalang dari murka dan adzab Allah Swt? Caranya adalah menjalankan perintah-perintah Allah semampu kita dan meninggalkan laranganNya. Dengan cara inilah maka kita bisa berlindung dari murka dan adzab Allah Swt.

" Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah sebenar-benarnya taqwa kepadaNya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim" 

QS: Ali'Imran (3) :102.

Bertaqwalah dalam semua kondisi, baik dalan keadaan susah maupun sedih. Bertaqwalah saat kita sedang marah, sedang emosi. Juga bertaqwalah pada siang dan malam, di masa muda dan tua, tidak ada batasnya.

"Ya Tuhan kami,berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka".

Raihlah keridha'an Allah. Selamat sholat tahajjud.

10 Syawal 1442H/22.05.2021.

lfh/LFH.


Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia