Sabtu, 26 Juni 2021

Berdzikir


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Berdzikir

Inilah ibadah yang mudah dilakukan bagi orang beriman, baik dimana saja dan kapan saja yaitu berdzikir. 

Wahai orang-orang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat  (namaNya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepadaNya pada waktu pagi dan petang.

QS: Al-Ahzab (33): 41-42.

Allah berfirman agar manusia mengingat Allah agar menjadi orang yamg beruntung:

Apabila sholat telah dilaksanakan; maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.

QS: Al-Munafiqun (63):10.

Nabi Muhammad SAW sering menekankan pentingnya berdzikir. Dan  menjadikannya pembeda antara orang hidup dan mati.

Hal ini seperti diriwayatkan oleh Abu Musa, Nabi SAW bersabda "Persamaan seseorang yang mengingat Tuhannya dan seorang yang tidak mengingatnya adalah seperti orang hidup dan mati"

Tirmidzi meneruskan riwayat Abdullah Bin Busr tentang salah satu sahabat nabi yang berkata " Ya Rasulullah, saya kewalahan dengan  begitu banyak arahan Islam. Jadi beri tahu sayà sesuatu yang mungkin saya pegang teguh. " Nabi menjawab" Jaga lidahmu tetap basah dengan mengingat Allah". 

Sedangkan dari Al-Bukhari dan Muslim melaporkan tentang sabda Nabi SAW: dari Abu Hurairah, 

 "Barangsiapa bersabda,Subhan-Allahi wa bihamdi seratus kali  ketika pagi, dosa-dosa nya akan dilenyapkan bahkan jika mereka   sama dengan luasnya buih di laut".

Apa arti kata Dzikir? Dzikir berasal dari kata dzakara, yadzukuru, atau dzukur/dzikir yang memiliki arti perbuatan dengan lisan (menyebut,  menuturkan, dan mengatakan) dan dengan hati (mengingat dan menyebut).

Selamat menunaikan sholat sunnah Dhuha. Salam sehat.

18 Syawal 1442H/30.05.2021.

lfh/LFH.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia