Jumat, 26 Maret 2021

SEBAGAI BAWAHAN, ATASAN DAN TEMAN

 Prof. Sudarto Ronoatmodjo 

Ketua Komisi Senat UI Periode 2006-201, Konsultan Dirjen Paudni Kemendiknas Periode 2012-2014, dan  Guru Besar Departemen Epidemiologi FKM UI 



Bu Reni, begitu biasa saya menyapa Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, adalah sebagai  Bawahan, Atasan, dan Teman.  Saya mengenal dekat bu Reni ketika saya menjabat sebagai Ketua Komisi Pengembangan Ilmu Pengetahuan (KPIP) Senat Universitas Indonesia pada periode Senat Universitas Indonesia tahun 2006-2011 dan bu Reni pada waktu itu menjabat sebagai sekretaris komisi ini. Saya wakil dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dan bu Reni mewakili Fakultas Psikologi UI. Banyak ikhwal yang harus dikerjakan dan disiskusikan antara ketua dan sekretaris komisi untuk menyelesaikan pekerjaan komisi senat. Dengan demikian saya bisa mengetahui bahwa bu Bu Reni adalah seorang yang sebagai sekretaris komisi menunjukkan pribadi yang bertanggung jawab, rajin, walaupun menurut bu Reni sendiri mengatakan bahwa jabatan sekretaris kurang pas bagi bu Reni. Bu Reni mengatakan bahwa bu Reni lebih cocok menjadi manajer bukan sekretaris, karena pengalaman beliau kebanyakan dalam aktivitas organisasi sebagai pimpinan…

Bu Reni selalu mempersiapkan bahan rapat yang untuk dibahas dan sudah memikirkan alternatif penyelesaiannya pad aikhwal yang perlu dirapatkan dan diundangkan sehingga kesepakatan tentang susuatu masalah bisa dipercepat penyelesaiannya. Sehingga tugas ketua tinggal membagi dan mengarahkan kemana kira-kira  penyelesaian terbaik dari setiap permasalahan yang dibahas.

Bu Reni rajin melakukan sosialisasi melalui berbagai cara seperti tulisan-tulisan beliau. Beliau menulis banyak buku, melakukan webinar dan lain sebagainya,  ini konsisten dengan apa yang dilakukan bu Reni dalam kegiatan nya yang berkaitan dengan perkembangan pada anak usia dini.. terutama dikaitkan dengan ilmu psikologi… Jika mau membaca tulisan tulisan bu Reni tinggal kita ketik nama bu Reni kita akan mendapatkan banyak karya buku beliau tersedia di internet.

Bu Reni taat beragama, salah satu hal yang perlu dicatat tentang bu Reni, bu Reni rajin mengirim kan renungan malam, pesan-pesan yang terkandung dalam ayat suci melalui WA japri ataupun via WA group . Pesan yang tadi malam berbuntyi..

Renungan 2/3 malam

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

Sungguh, orang-orangyang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka adalah sebaik-baik mahluk.

Al-Bayyinah (98):7

Semoga Allah permudahkan segala urusan kita. Dialah Pelindungmu. Dia sebaik baik pelindung dan sebaik baik penolong

Aamiin Yaa Mujibas Sailiin

Pada suatu saat saya selesai mengerjakan ibadah shalat Ied di lingkungan warga Pulomas di sekitar Mesjid Babut Taubah, ketemulah saya dengan bu Reni yang ternyata juga tinggal di sekitar masjid Babut Taubah. Dan ternyata anak saya satu sekolah dulunya dengan putri bu Reni di SMA Lab School yang di Jl. Pemuda Jakarta Timur. Komplek Perumahan Vila Sari Mas Pulomas sekitar tempat tinggal bu Reni merupakan kompleks real estate yang tertata bagus. Sayangnya daerah sekitar masjid suka banjir. Jadi sekali tempo bu Reni sedang menjabat sebagai di Dirjen Paudni harus mengungsi.

Pada saat bu Reni menjabat sebagai Dirjen Paudni Kementerian Pendidikan Nasional. Saya sempet menjadi konsultan Dirjen Paudni,  sehingga saya ikut dalam rapat-rapat pimpinan Dirjen Paudni yang dipimpin Bu Dirjen Reni dalam kegiatan seperti pembuatan rencana kegiatan tahunan dan pelaksanaan nya.

Sekarang saya masih suka ketemu Bu Reni, selain via WAG Senat UI tahun 2006-2011, juga  via WAG pecinta puisi UI. Rupanya Bu Reni juga suka bikin puisi dan suka membaca puisi..

Tetap semangat Bu Reni.. semoga sukses.. membina anak-anak Indonesia untuk kemajuan masa depan sumber daya manusia Indonesia..

 

Salam takzim,  Sudarto Ronoatmodjo

Awal Januari 2021

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia