Sabtu, 27 Maret 2021

Prof Reni, Seorang Dosen Motivator

 Oleh: Delly Malik Muharyoso

Pertama kali saya mengenal Prof Reni saat kuliah di Universitas Al Azhar Pusat, di Fakultas Agama Islam. Salah satu materi  adalah Psikologi Kepribadian.


Sebelum beliau mengajar.. gosip sudah berdengung di telinga saya, pintar, dan galak. Duuhhh.. deg-deggan... pada dasarnya saya sangat tidak percaya diri... makin gugup bertemu dosen terkenal.

 

Tradaaaa... I love her...

Pinter, tegas dan motivator...

Cara mengajar beliau memancing kemampuan individu .. mengajar dua arah.. beliau selalu memancing murid dengan pertanyaan2 yg kita hadapi sehari2 tapi berhubungan dengan teori psikologi.. ujian "open book".. membahas karakter.

 

Tokoh-tokoh baik di film, buku ataupun di lingkungan kita,  menurut saya cara mengajar ini yang benar, siswa dirangsang untuk terus berpikir dan  aktif .. tidak hanya mendengarkan. Umumnya pada masa itu para pendidik saat mengajar satu arah.. terkesan siswa kaya di "dongengin" membuat siswa ngantuk & melamun.


Sayang sekali beliau sangat sibuk, saya hanya bisa menikmati dididik 1 semester, saya sempt protes ke kampus, ternyata jadwal mengajar beliau di UI sangat padat.


Jujur saya kehilangan dosen terbaik.

 

Beberapa tahun kemudian, saya menghadapi masalah di Yayasan saya. Saat saya bingung, saya ingat beliau. Saya mencoba menghubungi beliau... Alhamdulillah saya diterima beliau di kantor Kwarnas, jabatan

beliau saat itu sebagai wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa.


Sungguh saya tidak menyangka sama sekali kalau beliau mau menerima saya, sangat ramah. Beliau mendengarkan dengan baik masalah yayasan saya  dan beliau mencarikan solusi  total membantu saya tanpa pamrih. Berkali kali saya tanya alamat rumah beliau tidak pernah di jawab.. dan beliau menghilang .... sampai saat ini Yayasan saya sudah memiliki 2 PAUD, 1 TPA .. Alhamdulillah.

 

Baru tahun lalu, saya bisa menghubungi beliau. Saat saya iseng-iseng  buka FB, padahal saya tidak aktif di FB.  Saya lihat beliau baru mndapatkan gelar Prof dan sebagai Guru Besar di UI.. masyaAllah ibu Reni.. sudah menjadi Profesor & guru besar.  saat saya tanya no hp beliau, dijawab dengan  ramah khas bu Reni.. Prof Reni.

 

Selamat Prof ..  Sukses dunia & akhirat.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia