Rabu, 03 Juli 2019

DOSEN MUDA

Inilah debut sy pertama di dunia internasional. Dalam foto ini sy bersama keempat guru saya. Prof Singgih dan istrinya Bu Yulia Singgih, Prof Ediasri, dan Prof Hera mengapit Prof Jan Dewitt, psikolog bekend dr Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda. Ada satu lagi guru sy yg tdk ada dlm foto ini yaitu Dra. Pamugari. Kami menghadiri The Second Asean Workshop on Child and Adolescence Development (AWCAD) di Bangkok. Saat itu saya baru saja lulus enam bulan sebagai Sarjana Psikologi dengan gelar Dra. Dan belum lama penempatan jd dosen tetap di Bagian Psikologi Perkembangan.
Sy tahu konsekuensi logis jd dosen hrs lah menghadiri banyak konferensi dlm bidang yang ditekuni. So sy sll alert dan exited thd info ttg konferensi, lokakarya, seminar dls yg hrs sy penuhi utk isi kum Bidang 2 dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian.


Pengumuman konferensi selalu di tempel di papan komunikasi bagian. Jd setiap kali ada urusan dgn sekretariat, mau tidak mau mata tertumbuk dgn brosur yg di tempel di soft board tersebut.

Sebagai fresh graduate yg belum ada penghasilan, impossible lah mau pergi..Begitu juga minta dgn mami yg sdh jd single parent dengan tujuh anak yg semua msh hrs dibiayainya.


Tiba-tiba sj ahaaa..pikiran sy terang..sy mencoba peruntungan dengan bersurat ke Presiden R.I Soeharto selaku Ketua Umum Yayasan Super Semar, yang berkantor d Bina Graha. Dalam surat sy sampaikan maksud dan tujuan saya bersurat dan harapan berikut lampiran foto copy brosur.

Sy antar sendiri "by hand" ke Bina Graha saat hari menjelang jam 11 pagi. Sy diterima oleh Bapak B dengan ramah. Beliau minta sy scr singkat menceritakan isi surat yg sy beri. Setelah mendengar dan ada tanya jawab sedikit, Pak B bilang akan telpon sy bbp hari kedepan utk hasilnya. 

Alhamdulillah, sy memperoleh bantuan utk tiket pesawat pp dan biaya registrasi.


Sy urus semua sendiri dan sengaja berangkat dgn hari jadwal keberangkatan yg bbd dgn para senior saya. 

Keberangkatan ke Bangkok ini jg menjadi yg pertama kali bagi sy pribadi ke luar negeri, stlh tahun 1967 melanglang buana bersama papi. 


AWCAD pembuka jalan utk sy melihat dunia lebih luas, khususnya bidang ilmu psikologi perkembangan.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia