Rabu, 08 Agustus 2018

Mulai Dari Minat Anak

Pertanyaan yang kerap dilontarkan orang tua adalah, “Dari mana anak harus mulai belajar?” Karena sekolahrumah menempatkan anak sebagai subyek maka mulailah dari minat anak. Jika anak Anda sangat tertarik pada ilmu alam, kenalkan ia kepada literatur dan referensi seputar sains. Antara satu bidang ilmu dengan bidang ilmu lain pasti punya ketertarikan. Nah, disitulah Anda harus kreatif menemukan cara untuk masuk ke bidang ilmu terkait.

John Holdren, pakar pendidikan dari John Hopkins University, Amerika Serikat, menyarankan memulai homeschooling dengan pelajaran sejarah yang merupakan gerbang untuk membuka cara pikir dan imajinasi.  

“Saya setuju dengan John Holdren. Pengetahuan tentang masa lalu menyiapkan anak untuk memahami masa kini dan membentuk masa depan,” kata Yanti Sriyulianti, Koordinator Rumah Kerlip (Keluarga Peduli Pendidikan). 

Belajar sejarah bisa dimulai dari cerita rakyat yang sarat dengan pelajaran seputar peradaban dan karakter manusia pada zaman tertentu. Dari cerita tersebut, anak punya rasa ingin tahu tentang sejarah bangsa, penemuan-penemuan terbaik di zaman itu, tokoh-tokoh yang berpengaruh, karakteristik sosial, dan masih banyak lagi.  

“Yang perlu diingat, jangan jadikan homeschooling sebagai pembenaran anak yang malas sekolah dan orang tua juga tidak berusaha maksimal. Itu adalah pemahaman yang salah,” kata DR. Reni Abar-Hawadi, MPsi, psikolog dari Universitas Indonesia. 

Berkomunikasi dan bernegosiasi untuk mengakomodasi minat anak sangat penting dalam konsep sekolahrumah. Memulai hari dengan pertanyaan, “Mau belajar apa hari ini?” sangat diperlukan. Anak selalu diberi pilihan dan belajar mengambil keputusan sehingga ia terbiasa memikul tanggung jawab atas keputusan yang ia buat sendiri.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia