Sabtu, 11 Agustus 2018

Kemdikbud Siap Luncurkan Saka Widya Budaya Bhakti

Makassar. PAUDNI – Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI) Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog menegaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menjalin kesepakatan dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

“Perjanjian Kerja Sama ini merupakan turunan dari MoU yang sudah ditanda tangani oleh Mendikbud M.Nuh dengan Ketua Kwarnas Azrul Anwar,” tutur Dirjen PAUDNI saat melakukan Sosialisasi Saka Widya Budaya Bhakti ke Kwarda Sulawesi Selatan, Rabu (26/2).


Kesepakatan itu tertera dalam Surat Kesepakatan Nomor 17/XI/KB/2013 dan nomor 011/PK-MoU/2013 tentang Pendidikan Kepramukaan pada Gugus Depan  Berbasis di Satuan Pendidikan dan Satuan Karya Pramuka Lingkup Pendidikan dan Kebudayaan.
 

Sedangkan ruang lingkup pelaksanaan pendidikan kepramukaan di bidang pendidikan formal, pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, informal, serta kebudayaan kepada anggota gerakan pramuka dalam wadah Satuan Karya Pramuka (Saka) Widya Budaya Bakti.
 

Saat ini Ditjen PAUDNI sedang menyiapkan draft Perjanjian Kerja Sama dari 5 Dirjen di lingkungan Kemdikbud dan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Widya Budaya Bhkati. Lima Dirjen yang rencananya menandatangani Perjanjian Kerja Sama yaitu Dirjen PAUDNI, Dirjen Pendidikan Dasar, Dirjen Pendidikan Menegah, Dirjen Pendidikan tinggi dan Dirjen Ke budayaan.
 

Lydia mengatakan, Saka Widya Budaya Bhakti memiliki 6 Krida yaitu Krida anak usia dini, krida kursus, Krida Pendidikan Masyarakat, Krida Bina Sejarah, Krida Bina Kesenian, dan Krida Bina Kebudayaan.
 

“Untuk pangkalan Saka di Sulawesi Selatan berada di BP PAUDNI Regional III Makasar,” ujar Kak Reni Akbar Hawadi sapaan akrab Dirjen PAUDNI dilingkungan Kwarnas. Dirjen berharap panji – panji Saka dapat berkibar besar diwilayah Sulawesi Selatan.  (Teguh Susanto/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia