Sabtu, 28 Juli 2018

Persiapan Pendidikan Anak Umur Awal di Masa Pra-Sekolah

Ketika umur pada 0-6 th., otak anak terima serta menyerap beragam jenis info, tidak lihat baik atau jelek. Tersebut masa-masa yang di mana perubahan fisik, mental ataupun spiritual anak juga akan terjadi. Karenanya banyak yang mengatakan masa itu yaitu masa-masa emas pada anak (golden age).
Pada th. 2016, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan RI mewajibkan tiap-tiap anak untuk ikuti pendidikan anak umur awal (PAUD) paling tidak sepanjang satu tahun, sebelumnya masuk tahap sekolah basic. PAUD dipandang jadi bagian perlu untuk perubahan tiap-tiap anak. Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Umur Awal, Nonformal serta Informal (PAUDNI). Prof. Reni menyebutkan, aktivitas di PAUD bisa memberi rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuai sama step tumbuh kembang anak umur pra sekolah.

Menurut pendapat dari Nurul Fauziyah mahasiswa PG Paud Kampus Pendidikan Indonesia, Pendidikan yang didapatkan untuk anak umur 3-6 th. bukan sekedar mempunyai tujuan memperkenalkan anak pada sebagian bagian pelajaran maupun melatihnya berhubungan dengan anak sebaya. Lebih jauh dari itu,  PAUD mempunyai peranan paling utama meningkatkan semuanya segi perubahan anak, mencakup perubahan kognitif, bhs, fisik (motorik kasar serta halus), sosial serta emosional.

Supaya lebih terang tersebut beragam faedah yang juga akan beresiko pada anak sesudah memperoleh pendidikan di PAUD/play group atau TK :
• Mengenalkan anak pada dunia sekolah
Pengalaman belajar di PAUD juga akan menolong anak untuk lebih siap dalam terima pelajaran resmi di bangku pendidikan setelah itu (SD). Hal semacam ini sebagai satu diantara argumen UNESCO mereferensikan tiap-tiap anak memperoleh pendidikan anak umur awal pada umur pra sekolah. Lingkungan belajar di sekolah pasti berlainan dengan lingkungan dirumah. PAUD bisa menjembatani ketidaksamaan situasi di ke-2 tempat itu. Si Kecil juga akan belajar berhubungan dengan anak sepantarannya, ikuti ketentuan yang diputuskan di playgroup atau TK, belajar menyesuaikan dengan kebiasaan, dsb. Anak yang terlebih dulu memperoleh pendidikan di PAUD kerapkali mempunyai kekuatan yang tambah baik dalam berkomunikasi waktu sekolah. Hal semacam ini karena ia telah punya kebiasaan untuk bermain, belajar, sampai makan dengan rekan yang mempunyai umur sebaya.

• Membiasakan anak pada aktivitas terstruktur
Walau bukanlah instansi pendidikan resmi, tetapi, aktivitas yang diselenggarakan di playgroup atau TK didesain spesial supaya sesuai sama peranan pendidikan anak umur awal. Satu diantara tujuannya yaitu melatih anak supaya punya kebiasaan pada kebiasaan serta beberapa aktivitas terstruktur. Umpamanya, anak juga akan belajar olahraga, berbaris, membuat puzzle, dsb.

• Mengajari anak untuk disiplin serta ikuti ketentuan
Dirumah, si Kecil pasti punya kebiasaan bermain sesuka hati. Ia juga mungkin saja telah punya kebiasaan ikuti “aturan” yang Mam tentukan, yang umumnya termasuk lentur dibanding “aturan” yang ada diluar tempat tinggal. Nah, umur pra sekolah yaitu waktu yang pas baginya untuk belajar ikuti alur aktivitas ataupun ketentuan beda diluar tempat tinggal. Ikuti aktivitas pendidikan anak umur awal juga akan melatihnya menyesuaikan dengan lingkungan baru serta ketentuan baru. Ia akan belajar sharing, mengantre, menanti, serta mengerti kalau nyatanya tidak segalanya yang ia kehendaki dapat ia peroleh. Begitu, ia akan tidak kaget atau stres waktu masuk SD serta mesti belajar dalam kondisi yang begitu terstruktur serta menuntut kedisiplinan.

• Membuat basic kepribadian anak
Pada fase golden age, otak anak alami perubahan yang begitu cepat. Pengalaman yang didapat si Kecil di periode ini ikut membuat kepribadiannya serta juga akan merubah sosoknya sampai nantinya ia dewasa. Oleh karena itu, Prof. Reni mengingatkan, pendidikan ciri-khas memanglah baiknya diawali mulai sejak awal. Lewat pendidikan anak umur awal, si Kecil juga akan memperoleh beragam contoh serta aktivitas positif yang juga akan ia ingat serta praktikkan dalam kehidupannya.

Yakinkan evaluasi yang di peroleh anak di PAUD/play group/TK sesuai sama yang di ajarkan di lingkungan tempat tinggal anak. Sebab, walau pendidikan anak umur awal ini punya pengaruh perlu untuk perubahan anak, tetapi peranan orangtua lah yang yang paling perlu jadi pendidik paling utama untuk anak tidak bisa tergantikan.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia