Selasa, 24 Juli 2018

Pendidikan Di Badung Serap Rp477 Miliar

Denpasar (Antara Bali) - Sektor pendidikan di Kabupaten Badung, daerah terkaya di Bali, menyerap dana senilai Rp477 miliar atau 23 persen dari total APBD kabupaten itu pada 2012.

"Sejak awal kami berkomitmen untuk memajukan sektor pendidikan sebagai upaya meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia)," kata Bupati Badung Anak Agung Gde Agung melalui Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung I Ketut Widia Astika di Denpasar, Minggu.

Besarnya dana untuk sektor pendidikan itu, lanjut dia, harus diimbangi dengan perbaikan dan peningkatan tenaga pengajar.

Oleh sebab itu, Pemkab Badung menggelar uji kompetensi tahap awal bagi tenaga pengajar, mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA yang jumlahnya mencapai 963 orang.

Sampai saat ini dari 7.364 guru di Badung, baik PNS maupun Non-PNS, sebanyak 2.368 orang telah mendapat sertifikat uji kompetensi mengajar.

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Lydia Freyani Hawadi, mengapresiasi Badung dalam memajukan sektor pendidikan.

Dia melihat ujian kompetensi di Badung berjalan dengan tertib dan lancar. "Tempat-tempat pelaksanaannya pun sangat representatif," katanya di sela-sela memantau ujian kompetensi para guru di SMP Negeri 1 Kerobokan.(M038/T007)

Pewarta :
Editor: Nyoman Budhiana
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia