Selasa, 17 April 2018

Pemkab Simalungun Siap Anggarkan 2 Milyar Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

SIMALUNGUNDirjen PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, minta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun lebih besar memberikan konstribusinya terhadap pembangunan  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayahnya.

“APK PAUD di Kabupaten Simalungun hanya 16,30 persen karena dari 341 desa, hanya 240 desa yang ada PAUDnya. Padahal,  kita berharap di Indonesia satu desa memiliki satu PAUD sehingga target APK PAUD NAsional 75 persen bisa terpenuhi,” kata Dirjen pada acara Gebyar PAUD 2013 Kabupaten Simalungun di Lapangan Terbuka Kecamatan Girsang Sipangan Bolun, Parapat, Senin (26/08).

Menurut Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, dalam skala nasional, APK PAUD Indonesia baru 34,54 persen. Angka itu memang mengalami kenaikan sejak tahun 2000-2012. Namun angka itu masih rendah jika diihat dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 240 juta jiwa.

“Untuk itu, saya berharap agar  Pemkab Simalungun  menyiapkan dana sebesar Rp. 6,040 miliar agar dapat  mengejar target satu desa satu PAUD. Saya yakin Pak Bupati bisa menuntaskannya,” katanya.
Namun demikian Dirjen menyatakan apresiasinya atas upaya Pemkab Simalungun untuk peningkatan kualitas anak-anak PAUD dan  mengalokasikan bantuan dana sebesar Rp 1,290 milyar untuk pembinaan PAUD kepada Pemkab Simalungun.

Sementara itu, Bupati JR Saragih mengatakan dalam rangka mendukung keberadaan PAUD, Pemkab Simalungun dari tahun ke tahun memberikan bantuan dana untuk peningkatan kualitas anak PAUD maupun tenaga pengajar. “Pada tahun 2012 lalu, Pemkab Simalungun menganggarankan untuk PAUD Rp 115 juta, sedangkan tahun 2013 kembali kita anggarkan Rp 200 juta.” katanya.

Sedangkan pada tahun 2014 mendatang, Pemkab Simalungun memprogramkan anggaran Rp 2 milyar, sehingga akan mampu melayani anak sampai pelosok desa termasuk tenaga pengajarnya.  Oleh karenanya, diharapkan kepada guru PAUD untuk senantiasa memberikan perhatian kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Gebyar PAUD 2013 ini, sekaligus pemberian vitamin A gratis bagi 2.106 anak. Kegiatan ini mendapatkan rekor MURI dalam kategori pemberian vitamin A terbanyak. Piagam rekor MURI diserahkan oleh tim MURI yang diwakili Hanri Zheng kepada Bupati JR Saragih.

Gebyar PAUD yang menyambut Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2013 ini dihadiri Bupati JR Saragih, Bunda PAUD Ny Erunita JR Saragih, Ketua DPRD Binton Tindaon, Bunda PAUD Ny Erunita JR Saragih, Kadis Kesehatan Saberina, dan Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Mislaini Saragih, Direktur Pembinaan PAUD Dr. Erman Syamsudin, serta para pejabat di Kabupaten Simalungun (Sugito/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia