Selasa, 06 Maret 2018

Kagum Dengan Bu Prof. Reni Ikut Lemhannas dan Miliki Ide Susun Instrumen Pancasila Quotience

Oleh Kapten Caj Alif Rachmatianto , S.Psi.
Mahasiswa Tugas Belajar pada S2 Profesi Pedidikan Fakultas Psikologi UI


Saya kenal Bu Prof. Reni saat semester 2 S2 Profesi Psikologi Pendidikan UI. Bu Prof. Reni mengajar dua mata kuliah yaitu : Mata Kuliah Psikodiagnostik Psikologi Pendidikan dan Mata Kuliah Observasi dan Wawancara. Saat saya di semester 3, saya dengar Bu Prof. Reni mengikuti kegiatan pendidikan di Lemhannas.  Saya merasa kagum sekali ibu Prof terpilih mengikuti pendidikan di Lemhannas R.I di mana yang saya ketahui di kedinasan saya, peserta Lemhannas adalah orang-orang terpilih yang dapat mengikuti pendidikan. 

Nah saat mengikuti kegiatan di Lemhannas  inilah saya dihubungi beliau. Bu Prof Reni bercerita bahwa punya gagasan untuk membuat instrument Pancasila Quotience (PSQ)  dan   meminta  kesediaan saya  untuk  membantu membentuk tim kecil.

Terus terang saya merasa senang dan terkejut karena ini merupakan suatu momen langka yang tidak semua orang dapat melaksanakannya. Bahkan ketika saya sedang berdinas di satuan saya.

Setelah tim terbentuk,  saya (Alif Rachmatianto, S. Psi), Azka Ananda Sari,  S. Psi, Rany Monika Purba, S. Psi, Siti Rahmah, S. Psi, dan Veronica Novelina Parapat, S. Psi. menemui Bu Prof. Reni di Lemhannas untuk membicarakan apa saja yang akan dilaksanakan. Rupanya ide utk bikin PSQ ide orisinal Bu Prof. Reni yang diajukan pada Panitia Seminar Nasional PPSAXXI Lemhannas R.I. dan disetujui untuk dilaksanakan sebagai produk dari PPSA XXI.

Intinya beliau merasa perlu ada satu alat utk mendeteksi seberapa jauh nilai-nilai Pancasila sudah terinternalisasi dalam diri seorang individu. Subjek  penelitian murid kelas 3, 4, 5, dan 6 di 4 sekolah dasar di Jabodetabek. Dengan supervisi Bu Prof. Reni, tim melakukan pembuatan alat ukur, uji keterbacaan alat ukur, kepada expert judgement dan siswa SD, revisi Alat ukur, pengambilan data dan proses penghitungan dan pengolahan uji statistik, pembuatan laporan hasil Alat Ukur dan penyerahan laporan hasil alat ukur.

Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan, dengan hasil masih perlu penyempurnaan dalam skor validitas, reliabilitas dan pembuatan norma. Sehingga Membutuhkan waktu yang lebih panjang agar dapat menghasilkan alat ukur yg valid, reliabel, dan memiliki standardisasi norma.

Proses pembimbingan
Dalam penyusunan alat ukur ini Bu Prof. Reni selalu memberikan bimbingan yang mendukung kami dalam proses penelitian, seperti misalnya Ibu selalu mengingatkan untuk membuat jadwal kegiatan yang akan dikerjakan, sehingga kita bisa mengevaluasi apa yang sudah dan belum dilaksanakan. Selain itu menurut kami, Ibu memberikan arahan bagi kami untuk berkonsultasi kepada beberapa pakar dalam menyelesaikan penelitian ini.

Kami pun cukup memiliki kesempatan untuk berkonsultasi dengan ibu,  dan mendiskusikan cara penyelesaian kendala yang kami hadapi. Saya dan teman-teman merasa bangga karena telah ikut berkontribusi dalam membantu merancang alat ukur yang berguna bagi pendidikan anak-anak di indonesia, terutama penerapan nilai-nilai Pancasila. Terlebih saya mendapatkan pelajaran-pelajaran penting dari Bu Prof. Reni, sesibuk apapun Bu Prof dalam melaksanakan pendidikan di Lemhannas,  beliau selalu menyiapkan waktu buat kami.
****

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia