Selasa, 09 Januari 2018

Pemerintah Berikan Rp 82 ,5 Juta Bagi Pemenang Lomba Alat Permainan PAUD

JAKARTA.  Pemerintah memberikan total hadiah sebesar Rp 82,5 juta kepada para pemenang Lomba Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAUD Tingkat Nasional tahun 2013. Lomba yang sebagian besar diikuti oleh para pendidik PAUD tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para pengembang dan pengrajin. Sehingga mereka dapat menciptakan APE yang kreatif dan aman bagi anak-anak.

Kegiatan lomba Pengembangan APE PAUD dilaksanakan mulai 15 Juli 2013 sampai dengan 24 Oktober 2013, dan diikuti 419 peserta dari seluruh Indonesia. Lomba ini diharapkan dapat menghasilkan karya inovatif dalam bentuk protopite atau contoh APE PAUD yang sesuai standar keamanan, kebutuhan, dan tahap perkembangan anak.

Penilaian lomba dilaksanakan melalui 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan tanggal 16 hingga 21 September 2013 yang mana dari 495 naskah lomba, dipilih sebanyak 30 nominasi pemenang lomba. Lantas pada tanggal 22 hingga 24 Oktober 2013, dilaksanakan penilaian tahap kedua untuk menetapkan 6 pemenang Lomba Pengembangan APE PAUD Tingkat Nasional Tahun 2013.
Pada kegiatan lomba tersebut, yang menempati juara pertama adalah Puji Riswati dari Pekalongan. Pemenang dengan judul karya Loker Divergen tersebut berhak mengantongi uang pembinaan sebesar Rp 25 juta. Sedangkan juara kedua diraih oleh Tony Suhendra dari Bandung. Melalui karyanya yang berjudul Injak Jejak, ia berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 20 juta. Sementara Karya APE berjudul Panggung Boneka Jari Tematik berhasil membawa Rohita asal Surabaya meraih juara ketiga. Ia berhak membawa pulang uang sebesar Rp 15 juta.

Sedangkan pemenang Harapan I didapat oleh Gun Sugianto dari Padang, dengan karya APE berjudul Permainan Kewirausahaan Anak. Sedangkan Harapan II diraih oleh Endang Titik Setianingsih dari Sleman, dengan karya Menara Tancap. Sementara Harapan III didapatkan Ismi Fauzia Ulinuha dari Magelang dengan karya Math For Kids. Masing-masing pemenang harapan I sampai III mendapat hadiah Rp 10 juta, Rp 7,5 juta, dan Rp 5 juta. Selain itu, seluruh pemenang juga mendapatkan piagam penghargaan dan trofi.

Direktur Jenderal PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi berharap lomba ini dapat mendorong masyarakat agar lebih kreatif mengembangkan APE yang berkualitas sesuai Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD, dan memenuhi standar keamanan mainan anak sesuai SNI/ISO 8124 Tahun 2010. “Saya optimis hasil lomba ini mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan akses dan mutu layanan pendidikan bagi anak usia dini di masa mendatang,” ucapnya.
Penganugerahan hadiah bagi pemenang Lomba Pengembangan APE PAUD Tingkat Nasional Tahun 2013 diberikan oleh Dirjen PAUDNI Kemdikbud, Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Deputi Informasi dan Pemasyarakatan Standarisasi BSN disaksikan serta lembaga PAUD. Antara lain HIMPAUDI, IGTKI, GOPTKI, Aisyiyah, Muslimat NU, Kemala Bhayangkari, dan Persit Kartika Chandra. (Kurnia Wijayanti/Yohan Rubiyantoro)
 

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia