Selasa, 09 Januari 2018

Dirjen PAUDNI : Suksesnya PAUD di Daerah Ada Ditangan Kepala Seksi (KASI) PAUD

Tanggerang, Ditjen PAUDNI – Sesungguhnya keberhasilan PAUD di daerah ada di tangan anda para Kepala Seksi (KASI) PAUD, ujar Dirjen PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, saat menyampaikan sambutannya di depan peserta Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan dan pelaksanaan Program PAUD Tingkat Nasional Tahun  2014, untuk angkatan  ke II di Tanggerang Banten (9/3).

Menurut Dirjen PAUDNI para KASI di daerah memiliki peran penting dalam pembangunan PAUD di lapangan, karena jika mereka aktif, mau mendorong, dan memiliki data yang akurat serta valid maka program PAUD akan berhasil. Namun jika sebaliknya yang terjadi semua tidak akan berjan dengan
baik. Oleh sebab itu, ada peraturan emas (Golden Rule) yang harus dilaksanakan para kasi di daerah.
Peraturan tersebut menurut Dirjen PAUDNI jika dilaksanakan dengan baik maka akan menunjang keberhasilan PAUD di daerah yaitu, pertama memahami visi misi PAUD Indonesia yang diusung Kemendikbud minimal sampai dengan Tahun 2015, Kedua para KASI PAUD memahami gol pembangunan PAUD Indonesia, Ketiga memastikan nomenklatur Dinas Pendidikan sesuai dengan ketentuan, sebab banyak Dinas yang masih menggunakan nomenklatur yang lama.

Ke empat masing-masing seksi memiliki data yang akurat mengenai jumlah anak usia dini, sesuai dengan pengelompokkan usia diwilayah kerjanya. Lima mengetahui jumlah lembaga PAUD yang dibutuhkan, enam para kasi mengetahui target capaian PAUD. Ke tujuh mengetahui strategi pengembangan PAUD, delapan memiliki data pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

Sembilan mengenal hasil Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2014 PAUDNI, sepuluh mengetahui kontribusi APBD 1 dan APBD 2 terhadap PAUD. Sebelas sebagai butir aturan yang terakhir, para KASI didaerah hendaklah mengenal siapa mengerjakan apa di Direktorat Pembinaan PAUD. Sehingga dapat diketahui informasi dan ketertujuan program dengan baik, ujar Dirjen PAUDNI sambil menutup arahannya. (M. Husnul Farizi/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia