Senin, 09 Oktober 2017

Tinjau Program PAUDNI, Dirjen Sambangi Pelosok Papua

JAYAPURA. Di tengah situasi Papua yang belum sepenuhnya kondusif, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psi menyambangi pelosok Papua. Reni, sapaan Dirjen PAUDNI beranjangsana ke PKBM Fajar Talenta, distrik Namblong, Kabupaten Jayapura akhir pekan lalu.
Di PKBM yang terletak sekitar 90 kilometer dari kota Jayapura tersebut, Dirjen PAUDNI membuka sentra PAUD. Pakar psikologi perkembangan itu juga berkeliling ke beberapa PAUD di Distrik Namblong. Reni juga mengunjungi labsite  keterampilan anyaman lidi, peternakan ikan lele, dan pengelasan becak motor (cator) yang turut dibina oleh Balai Pengembangan PAUDNI Regional VI Jayapura.
“PKBM harus terus meningkatkan pendidikan dan pelatihan bagi warga belajar, agar terjadi pemberdayaan masyarakat di Papua. Jangan sampai ada pengangguran disini,” ucap Reni memberi semangat kepada para pengelola PKBM dan PAUD.
Dalam kunjungan kerja ke Papua tersebut, Dirjen PAUDNI bersama Wakil Walikota Jayapura, DR. H. Nur Alam, SE, M.Si membuka pelatihan kewirausahaan di bidang perhotelan dan restoran, serta budidaya ikan air tawar. “Pelatihan ini jangan hanya memberi tambahan pengetahuan, tetapi harus meningkatkan produktivitas dan kemandirian peserta pasca mengikuti pelatihan,” ujar Dirjen PAUDNI.  (Rustham-Yohan Rubiyantoro/HK)

Sumber: dikmas Kemdikbud

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia