Sabtu, 14 Oktober 2017

Sekolah Perlu Psikologi Pendidikan

Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi saat pengukuhan guru besar UI (2009)
Rabu, I Juli 2009 bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia Kampus Depok dilaksanakan Pengukuhan Guru Besar UI, yakni Prof. Dr. Atiek Soemiati sebagai Guru Besar Tetap Ilmu Farmasi Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)  dan Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadisebagai Guru Besar Tetap Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi UI.
Upacara pengukuhan dipimpin Rektor UI Prof.Dr.der.Soz Gumilar Rusliwa Somantri. Hadir mendampingi Rektor, Ketua Senat Akademik Universitas (SAU) Prof. Dr. Ir. Mohammad Nasikin, M.Eng, Ketua Dewan Guru Besar (DGB) Prof. Dr. dr. Biran Affandi SpOG(K), Dekan Fakultas Psikologi Dr. Wilman Dahlan Mansoer MOP, dan Dekan FMIPA Dr. Adi Basukriadi MSc. Pada kesempatan tersebut juga hadir Ketua Majelis Wali Amanat (MWA UI) dr. Purnomo Prawiro beserta istri, para dekan, staf pengajar, serta sivitas akademika UI.
Prof. Dr. Atiek Soemiati, kelahiran Blitar, 11 September 1946 adalah alumni Jurusan Farmasi FMIPA UI (1976). Ia berhasil memperoleh gelar Magister Sains pada program pascasarjana Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran UI (1987). Gelar Doktor dalam bidang Kimia Bahan Alam dari program studi Ilmu Kimia FMIPA UI berhasil ia raih di tahun 2005. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Farmasi FMIPA UI. Selain itu ia juga aktif dalam keanggotaan beberapa organisasi diantaranya anggota Perhimpunan Peneliti Obat Bahan Alam dan anggota Himpunan Mikrobiologi Indonesia. Penghargaan yang pernah diterima beliau diantaranya adalah Piagam Tanda Kehormatan RI Satya Lencana karya Satya 20 tahun. Sebagai sumbangsihnya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, ia menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Potensi Mikroba Endofit Dalam Eksplorasi Bahan Baku Obat yang Ramah Lingkungan”. Orasi tersebut membahas mengenai sumber senyawa antimikroba baru yaitu kapang endofit yang bermanfaat dalam bidang ekonomi, pertanian, farmasi, dan industri. Pengembangan kapang endofit dapat menciptakan perkembangan industri yang ramah lingkungan, mengurangi biaya produksi, serta menjamin mutu dan kelanjutan usaha produksi.
Sedangkan Pof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, kelahiran Bandung, 22 Maret 1957 adalah lulusan Sarjana Psikologi Fakultas Psikologi UI (1981). Ia berhasil meraih gelar Magister dalam bidang Psikologi program pascasarjana Fakultas Psikologi UI (1989) dan gelar Doktor bidang psikologi pada tahun 1993. Jabatan beliau saat ini diantaranya sebagai Kepala Bagian Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi UI dan Ketua Induk Asosiasi Psikolog Sekolah Indonesia Himpunan Psikologi Indonesia (APSI-HIMSI). Selain itu ia juga aktif sebagai anggota dalam organisasi profesi diantaranya anggota European Council of High Ability (ECHA) dan anggota Himpunan Psikologi Indonesia Indonesia (HIMPSI). Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan pidato dengan judul “Membangun Peran Psikolog Dalam Pendidikan Nasional”. Tulisannya tersebut Mengkritisi sistem pendidikan nasional di Indonesia yang  belum optimal memperhatikan masalah individual differences pada peserta didik yang berakibat pendidikan tidak dirasakan sesuai dengan kebutuhan individu dan membawa dampak pada hasil akhir yang menyangkut daya saing individu di dunia kerja.(lsa)
Sumber: www.ui.ac.id

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia