Minggu, 22 Oktober 2017

Dirjen Meresmikan Gedung PAUD Terpadu Di Maniamolo

MANIAMOLO- Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia  Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI). Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog meresmikan gedung baru PAUD di Desa Samandaya Hilisimaetano, Kecamatan Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Jum’at (8/6/2013). PAUD tersebut merupakan salah satu PAUD Holistik Integratif yang memiliki layanan mulai dari Taman Penitipan Anak hingga Taman Kanak-kanak.

Peresmian gedung tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti dan pembukaan selubung papan nama oleh Dirjen. Pada kesempatan tersebut, Dirjen didampingi oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi disertai istri, selaku Bunda PAUD Kabupaten Nias Selatan, F Linda Idealisman Dachi.

Direktur Jenderal menegaskan, lembaga atau yayasan yang telah menerima bantuan di tahun 2012 jangan lagi mengakses bantuan lagi di tahun 2013. Hal tersebut untuk memberikan kesempatan pada lembaga atau yayasan  yang belum mendapatkan bantuan. “Dari 14 desa yang berada di kecamatan Maniamolo, baru 8 desa yang memiliki PAUD,” Ujar Camat Maniamolo.

Oleh sebab itu, Dirjen PAUDNI meminta kepada Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan Direktorat Pembinaan PAUD,  agar memberikan tambahan bantuan bagi 2 desa yang belum memiliki PAUD. Pada pidatonya, Dirjen meminta agar lembaga PAUD yang berbasis agama memberikan metode pengajaran dan menerima peserta didik  yang sesuai dengan ajaran agama yang dianut.

Selain itu, lembaga PAUD diharap dapat menumbuhkan kebudayaan lokal. Misalnya melalui pembelajaran tari-tarian, lagu-lagu dan adat istiadat lokal oleh anak-anak didik PAUD. “Saya mengajak para orang tua untuk memberikan pendidikan tambahan bagi anaknya,” sebut Dirjen. Sebab, pembelajaran yang didapat dari sekolah masih relatif minim.

Usai meresmikan gedung tersebut, Dirjen PAUDNI bersama Bupati Nisel dan Bunda PAUD Kabupaten, serta rombongan berkunjung ke desa Hilisimaetano. Desa tersebut merupakan desa tertua di Kecamatan Maniamolo (M. Husnul Farizi/ HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia