Rabu, 27 September 2017

Dirjen PAUDNI Luncurkan JayagiriEdu

Berlangsung dalam suasana ceria dan penuh keakraban, situs JayagiriEdu, diresmikan penggunaannya oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal & Informal, Prof. DR. Lydia Freyani Hawadi, Psi. Dengan disaksikan oleh para Kepala Satuan Kerja Ditjen PAUDNI Kemdikbud RI, para pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), serta penggiat Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM), situs yang dirancang oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang bernaung dibawah Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal & Informal (P2-PNFI) Regional I Jayagiri Bandung ini, diluncurkan di Tasikmalaya (8/9/2012).

Ir. Djajeng Baskoro, M.Pd., selaku Kepala P2-PNFI Regional I Jayagiri Bandung sekaligus penggagas situs JayagiriEdu ini mengemukakan,"JayagiriEdu merupakan "Rumah besar bagi teknologi pembelajaran, yang memungkinkan siapa saja untuk dapat belajar,berbagi, berlatih, bahkan  mendapatkan sertifikat sesuai kompetensi, melalui pemanfaatan fasilitas yang dikenal luas dalam dunia teknologi pendidikan sebagai e-training." Selain itu, menurut beliau, di "rumah besar" ini para fasilitator dan para peserta didik dapat berinteraksi aktif secara virtual layaknya social media, guna menjalankan proses pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensi peserta didik.


Ragam fasilitas e-training dalam situs JayagiriEdu ini pada awalnya dirancang untuk memenuhi target peningkatan kompetensi bagi Pamong Belajar dan Penilik dalam lingkungan Ditjen PAUDNI Kemdikbud RI. Berdasarkan arahan dari Dirjen PAUDNI, Prof.DR.Lydia Freyani Hawadi, Psi., pada proses pengembangannya  kemudian, fasilitas e-training dalam situs JayagiriEdu dapat pula dimanfaatkan oleh berbagai  lembaga ataupun instansi diluar Ditjen PAUDNI, baik yang berada dibawah Kemdikbud RI, Kementerian lainnya, maupun kalangan umum atau swasta yang tertarik bersinergi menggunakan fasilitas e-training situs JayagiriEdu ini, dalam meningkatkan kompetensi personil-personilnya.


Dalam kata sambutan peluncuran situs yang bisa diakses dengan mengetikkan alamat www.jayagiriedu.net pada aplikasi browser ini, Dirjen PAUDNI, Prof.DR.Lydia Freyani Hawadi, Psi., mengharapkan, JayagiriEdu dapat menjadi "rumah besar" teknologi pembelajaran yang mampu menjadi wadah bagi PTK, akademisi, praktisi, dan seluruh lapisan masyarakat dalam berbagi informasi, inspirasi dan motivasi, demi mencerdaskan kehidupan bangsa.


Pada akhir acara, dilakukan penandatanganan MoU antara Kepala P2-PNFI Regional I Jayagiri Bandung dengan  beberapa LKP dan Forum TBM Pusat, yang isinya berupa kesepakatan untuk melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan dengan tujuan menunjang program peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Program Kemitraan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan media e-training.


Firman Hadiansyah, M.Hum, ketua Forum TBM Pusat, yang ikut menandatangani MoU dengan P2 PNFI Regional I Jayagiri Bandung mengatakan,"Hadirnya situs JayagiriEdu ini tentu merupakan sebuah terobosan, khususnya bagi dunia pendidikan luar sekolah di Indonesia. Mengingat, penggunaan teknologi dalam berbagai aspek terutama pendidikan kini merupakan hal yang tidak dapat dielakkan. Namun, hendaknya Diklat yang berlangsung secara virtual ini tidak membuat Diklat yang dikelola secara konvensional sampai diabaikan." Lelaki asal Serang yang dikenal pula sebagai sastrawan muda penggiat komunitas rumahdunia dengan nama pena, Firman Venayaksa ini juga berharap, JayagiriEdu dapat terus berkembang, terus didukung berbagai pihak, agar kelak nilai kebermanfaatannya semakin tinggi guna memenuhi salah satu kebutuhan fitrah setiap individu masyarakat, yaitu : pendidikan.(aea)


Sumber: pkbmdaring.kemdikbud.go.id


Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia