Selasa, 17 Agustus 2021

Akhirat

Jika dilihat asal katanya, akhirat berasal dari bahasa Arab _al-akhir_, yang berarti lawan dari _al-awwal_, yang terdahulu.

Akhirat menunjuk pada jangka waktu, yang berarti _ujung dari sesuatu_, dan digunakan dalam Al-Qur'an pada pengertian alam yang akan terjadi setelah berakhirnya alam dunia.
_"Dan diantara mereka ada yang berdoa, " Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka."_
*QS.Al-Baqarah (2):201.*
_"Diantara kamu ada orang yang menghendaki dunia dan diantara kamu ada (pula) orang yang menghendaki akhirat."_
*QS. Ali'Imran (3):152.*
Demikianlah Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menerangkan pada kita bahwa manusia memiliki dua kehidupan, yaitu kehidupan sementara yang akan segera berlalu dan kehidupan kekal abadi.
Kehidupan yang akan segera berlalu adalah kehidupan dunia. Sedangkan kehidupan yang kekal abadi adalah kehidupan akhirat.
Rasululullah Shallallahu'Alaihi Wasallam mengingatkan kita semua,
_" Perbandingan antara dunia dan akhirat bisa diukur dengan seseorang yang mencelupkan jari tangannya ke dalam air laut. Lihatlah, seberapa banyak air yang ia dapatkan di jari tangannya itu."_
*HR. Ibnu Majah dari Al-Mustaurid.*
Hal ini sesuai dengan firman Allah,
_"Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa"._
*QS. An-Nisa'(4):77.*
Ayat ini kemudian dipertegas kembali dengan Firman Allah,
_"Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu,"_
*QS. Al-Qasas (28):77.*
Bahwa kehidupan dunia hanyalah kesia-siaan dan kebinasaan. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
_"Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga antar kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian hancur. Dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu."_
*QS.Al-Hadid (57):20.*
Akhirat adalah kehidupan sebenarnya. Sebuah alam kehidupan yang kekal dalam kebahagiaan dan keselamatan. Bagi mereka yang mampu melihat hakekat maka ia akan berkata:
_"Alangkah baiknya sekiranya dahulu aku mengerjakan (kebaikan) untuk hidupku ini."_
*QS.Al-Fajr (89):24.*
Kehidupan akhirat adalah tempat segala kenikmatan yang diinginkan setiap jiwa. Inilah kehidupan abadi manusia yang bebas dari segala kekurangan, bebas dari mara bahaya, bebas dari penyakit, bebas dari kesusahan dan kecemasan. Dan bebas dari kematian. Akhirat adalah alam keabadian. Alam Baka.
Semoga ayat-ayat Al Qur'an dan Hadist menjadi penguat diri kita untuk terus berjalan ke arah sesuai petunjukNya agar memperoleh keselamatan dunia akhirat.
Selamat menjalankan Sunnah Dhuha. Salam sehat.
6 Zulhijah 1442H/16.07.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi
_Diadaptasi dan disadur secara bebas dari berbagai sumber_.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia