Sabtu, 03 Juli 2021

Membalas Budi Baik


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang.

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.               

Membalas Budi Baik

"Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula)."

QS.Ar-Rahman (55):60.

Rasululllah shallallahu 'alaihi wa salam mencontohkannya, jika kita menerima pemberian, berbalas budilah.  Aisyah radhiallahu anha  berkata: "Dulu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa menerima hadiah (pemberian selain shadaqah)  dan membalasnya mereka yang memberi."

(Shahih al-Bukhari, No.2585.)

Melalui hadist ini kita belajar untuk membalas budi, membalas kebaikan orang lain. Rasulullah memerintahkan untuk merespons kebaikan orang lain dengan baik hati.

"Siapa pun yang membantumu, tanggapi dengan baik, dan jika kamu tidak dapat menemukan cara melakukannya, maka teruslah berdoa untuknya sampai kamu berpikir bahwa kamu membalasnya dengan baik" (Abu Dawud).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah memerintah umatnya agar membalas kebaikan orang lain,

"Barangsiapa diperlakukan dengan baik (oleh seseorang),hendaklah ia membalasnya. Apabila dia tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, hendaklah ia memujinya.  Jika ia memujinya,ia telah berterima kasih kepadanya. Namun jika ia menyembunyikannya (tidak berterima kasih ataupun memujinya),  berarti ia telah mengingkari (kebaikannya)."

(Shahih al-Bukhari No.157).

Dari hadist lain, Ibnu Umar berkata Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Siapa yang memohon perlindungan dengan mengatasnamakan Allah, maka lindungilah dia. Dan siapa yang meminta dengan mengatas namakan Allah, maka berilah ia. Dan siapa yang berbuat baik kepadamu balaslah kebaikannya. Jika anda tidak mampu, maka doakanlah dia sampai dia tahu bahwa kalian telah memberinya yang setimpal."

(Shahih) Ash Shahihah (254)

At-Tirmithi meriwayatkan Usamah Ibn Zayd berkata: Rasulullah bersabda:" Siapapun yang mendapat bantuan untuknya dan mengatakan' Jazak Allahu khayran' telah melakukan yang terbaik untuk berterima kasih padanya."

Abu Hurairah, menyampaikan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Seorang belumlah dianggap bersyukur kepada Allah jika ia tidak berterima kasih atas kebaikan orang lain terhadap dirinya."

(HR. al-Bukhari, dalam al-Adab al-Mufrad).

Selamat menunaikan sholat sunnah Dhuha. Salam sehat.

30 Syawal 1442H/11.06.2021.

lfh/LFH.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia