Selasa, 29 Juni 2021

Azab


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang.

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Azab

Allah berfirman tentang Azab atau siksaan:

Ketahuilah,  bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya, dan bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

QS.  Al-Maidah (5):98.

Apa sajakah yang menimbulkan azab Allah? Dalam sebuah riwayat Ibnu Majah dan al-Hakim, Rasulullah SAW menyebut lima hal yang dapat mengundang turunnya azab dan kemurkaan Allah, yaitu:

Pertama, zina, yaitu bersenggama antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh hubungan perkawinan. Zina adalah salah satu dosa besar.

"dan tidak berzina; dan barangsiapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman betat:

QS.Al-Furqan (25): 68.

Kedua, perilaku curang. 

Misalnya:

1.  Mengurangi takaran dan timbangan.

"Celakalah bagi orang-orang  yang curang (dalam menakar dan menimbang)! (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan, dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi."

QS. Al- Muttafin (83): 1-3.

2. Seorang pemimpin yang menipu dengan cara melakukan korupsi. Selama ia tidak meminta maaf dan bertaubat, pintu surga akan terkunci untuknya.

Bersumber dari Ma'qal, ia berkata: Aku beritakan kepadanya hadist yang kudengar dari Rasullulah SAW. Ia bersabda ",Tidak ada seorang pemimpin yang menjadi pemimpin kaum Muslimin kemudian ia menipu rakyatnya (korupsi), kecuali Allah SWT mengharamkan atasnya surga."

HR.Bukhari dan Muslim

3. Melakukan pembunuhan.

"Dan barangsiapa membunuh seseorang yang beriman dengan sengaja maka balasannya ialah neraka jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya".

QS.An-Nisa' (4): 93.

Ketiga, tidak membayar zakat.

Penting bagi seorang Muslim membersihkan hartanya dengan melaksanakan zakat. Imam Al Ghazali menyampaikan bahwa Allah SWT telah menjadikan zakat sebagai salah satu rukun Islam dengan menyandingkannya dengan shalat.

"Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk."

QS. Al-Baqarah (2): 43.

Dan Allah memberikan siksa pedih bagi orang-orang yang lalai berzakat.

"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih,"

QS. At-Taubah (9):34.

Keempat, melanggar perjanjian.

"Barangsiapa yang tidak menepati janji seorang muslim, maka dia mendapat laknat Allah, malaikat, dan seluruh manusia. Tidak diterima darinya taubat dan tebusan".

HR. Bukhari, 1870 dan Myslim, 1370.

Kelima,menyelisihi syariat Islam.

" Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul-Nya takut akan mendapat cobaan  atau ditimpa azab yang pedih."

QS. An-Nur (24): 63.

Selamat menunaikan sholat sunnah Dhuha. Salam sehat.

26 Syawal 1442H/07.06.2021.

lfh/LFH.


Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia