Senin, 27 Januari 2020

MUSEUM BANK INDONESIA


Sejak Nita masih aktif bekerja di Bank Indonesia sudah "ojog-ojog"in saya untuk datang melihat Museum BI. Dia tahu saya suka ke museum, salah satu hal yang diwariskan mendiang papi pada anak-anaknya. Anak-anak saya pun juga demikian mereka bilang " bagus sekali lho bun..pasti bun suka". 

Tanpa terasa sudah 10 tahun berlalu, dan baru tadi saya dan Idjul menginjak Museum BI. Tidak salah kalau Museum BI dapat award The Best Museum di DKI Jakarta dan direkomendasi sebagai salah satu destinasi turisme. Dan survei yang dilakukan National Geographic Traveler tahun 2011 memberi penghargaan The Best Museum dalam katagori sejarah/arkeologi.

Ke museum memang cocoknya secara pribadi bukan dengan rombongan karena memang tempo setiap orang menikmati fasilitas yang ada tidak sama.

Secara keseluruhan Museum yang diresmikan Presiden RI Dr.Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 Juli 2009 sangat memuaskan. Mereka yang menekuni numismatik pasti sangat menyukai Numismatic Room. Sedangkan saya menyukai berada di Monetary Gold Room dan menikmati History Roomnya..
Tidak kebayang kalau gedung ini awalnya gereja dan rumah sakit..Alhamdulillah telah mengisi hari dengan belajar sejarah.
17/11/2019

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia