Selasa, 18 September 2018

Obama, Tokoh Global yang Menginspirasi

JAKARTA - Patung Presiden Amerika Serikat Barack Obama kecil diresmikan di Taman Menteng, Jakarta. Pro kontra publik meramaikan pengukuhan patung perunggu senilai Rp100 juta.

Guru Besar Ilmu Psikologi Pendidikan Universitas Indonesia, Lydia Freyani Hawadi mengatakan patung Obama bisa menjadi simbol yang menginspirasi siswa sekolah. "Tokoh inspirasi bisa dari mana saja, tidak terikat regional. Obama kebetulan dianggap sebagai bagian dari Indonesia," kata Lydia saat berbincang dengan okezone via telepon, Kamis, (10/12/2009).


Dia menjelaskan, Obama dikenal sebagai tokoh yang memiliki latar belakang sederhana. Obama pun pernah menimba ilmu di SD 01 Menteng pada tahun 1968-1970. Kini, Obama berhasil menjadi orang nomor satu di negara adidaya Amerika Serikat.

Secara psikologis, siswa sekolah, sambung Lidya, secara cepat menangkap inspirasi dari kisah perjalanan Presiden berkulit hitam itu. "Tokoh global ini bisa jadi inspirasi magnet mendorong individu mencapai sesuatu," ujarnya.
Baginya, inspirasi tidak bisa dibatasi oleh ruang atau wilayah. Lydia mencontohkan tokoh Pembebasan Vietnam Utara Ho Chi Minh. Tak hanya di Vietnam, patung Ho Chi Minh juga ada di Rusia dan Perancis.

Patung Obama di tengah Taman Menteng digagas oleh komunitas �~Friends of  Obama'. Patung lengkap dengan kupu-kupu di tangan kiri itu menghabiskan biaya lebih dari Rp100juta.  Uang itu didapat dari para donatur di antaranya, Hasyim Djojohadikusumo dan Surya Paloh.

Saat meresmikan patung Obama, Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni mengatakan, pembuatan patung ini tidak dimaksudkan untuk memberi apresiasi berlebihan ke Obama. "Hanya sekadar  memberikan inspirasi bagi anak-anak dan para guru bahwa pendidikan di Indonesia bisa mencetak seorang presiden yang luar biasa. Selain Obama nanti juga akan dibangun patung para pahlawan di Taman Menteng," kata dia.

Secara terpisah, anggota Komisi X DPR Dedi Gumelar alias Miing tak sepakat dengan patung 'Barry' ini. Baginya, Obama tidak memberi sumbangsih apapun terhadap Indonesia. "Kita ini bangsa yang merdeka. Daripada membuat patung Obama lebih baik membuat patung mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin," tukas Miing di Gedung DPR, Jakarta. (frd)

(hri)

Sumber:  https://news.okezone.com/read/2009/12/10/338/283777/obama-tokoh-global-yang-menginspirasi

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia