Sabtu, 07 April 2018

Sosok yang Akrab dan Dekat dengan Bawahan

Oleh  Victor Kahimpong, M.Si. 
Mantan Kasubag Hukum dan Tatalaksana, Bagian Hukum dan Kepegawaian Setditjen PAUDNI, Kemendikbud.

Saya punya kesan ketika bersama ibu Reni sewaktu ada acara diklat no klasikal berupa outbound di Taman Lido Sukabumi kira-kira bulan Juni 2013. Ada berbagai agenda acara ketika itu, diantaranya ice breaking.  Saya melihat secara langsung ibu Reni selaku dirjen membaur dengan teman-teman pejabat dan staf seakan  tak ada jarak. 

Ibu Reni menyatu apalagi ketika games dimulai. Nampak  ibu terlibat langsung berinteraksi dengan sesama pasangannya,  sesama perempuan bahkan sampai berangkulan mengikuti irama games. 

Saya merasakan ibu Reni begitu enjoy dengan suasana itu bahkan teman-teman juga merasakan kebersamaan dengan pimpinannya, ketika itu ada dalam acara yang sama ada sesi perkenalan antar kelompok di dalam ruangan (indoor) ibu bersama dengan tim lainnya bisa saling interaksi bahkan sempat menyumbangkan suara emasnya dengan lagunya Gombloh " Gebyar".

Pada kedua moment tersebut saya melihat nilai yang bisa diperoleh yang bisa diambil. Diantaranya leadership itu bukan ibaratnya seperti menara gading yang ada diatasnya puncak yang tak dapat dicapai oleh siapapun. Namun ibu sudah menanamkan contoh pemimpin itu bisa bersama-sama dengan yang dipimpin untuk mewujudkan tujuan bersama. Di sisi ibu juga memperlihatkan menghargai nilai-nilai budaya bangsa kita dengan menampilkan seni seperti lagu yang ditampilkan untuk membangun semangat bangsa dan anak vang dalam berkarya.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia