Selasa, 20 Februari 2018

Miliki Semangat yang Tinggi

Oleh Drs. Hadiyana, M.M.
Kepala BPPAUD dan DIKMAS Papua

Kebersamaan kami dengan Ibu Dirjen PAUDNI 2012-2014, Prof.Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog yang biasa disapa Ibu Reni   terbilang singkat. Namun demikian  banyak hal yang kami peroleh,  diantaranya:

Pertama, pada masa kepemimpinan beliau, PAUD benar-benar mampu menjadi primadona. Beliau berupaya keras meningkatkan akses PAUD dengan penerapan kebijakan Satu Desa Satu PAUD.

Kedua, sebagai UPT  kami diberikan pencerahan tentang pentingnya identitas. Hal ini ditunjukkan dengan kebijakan "Keseragaman" nama pada PAUD-PAUD binaan atau labsite UPT. Nama yang selalu beliau sarankan adalah AMANDA yang merupakan singkatan dari Anak Mandiri dan Berguna. Nama ini digunakan hingga sekarang. Seperti pada PAUD Amanda Papindo (di BP-PAUD dan Dikmas Papua) serta PAUD AMANDA INAPUKA 1 dan 2 (di SKB Kabupaten Buru, Buru).

Ketiga,  yang paling berkesan lainnya adalah semangat yang beliau tularkan. Meski sudah tidak lagi muda, beliau tetap semangat, ceria saat mengunjungi satuan PAUDNI bahkan hingga di pelosok. Contohnya   saat mengunjungi Papua, Papua Barat, dan Halmahera Selatan beliau tampak  bersemangat, dan tidak kenal lelah.

***

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia