Sabtu, 17 Februari 2018

Ibu Reni Hawadi Tokoh Responsif Gender

Oleh Sri Ujiani Lies Purwati, M.Sc.

Sepanjang yang saya kenal Prof. Reni termasuk tokoh yang  sangat responsif gender. Baik dari sisi akses, dan kesempatan maupun manfaat dalam pengambilan kebijakan publik. Selain itu ia juga memiliki konsep yang jelas dan terukur terutama dalam membangun  pengembangan  Pendidikan Anak Usia Dini menuju generasi Indonesia emas. Saat menjabat Dirjen PAUDNI Kemdikbud periode 2012-2014 konsepsi itu telah berhasil diimplementasikan dengan baik
.
Hal lain yang saya ingat Prof. Reni memiliki sikap sok cuek. Ternyata sikap  tersebut justru sesuai dengan naluri perempuan dan guru besarnya  yang  peka dengan problema sosial. Dampaknya sangat bermanfaat  bagi masyarakat atau karyawan. Terutama kepekaan dirinya dalam merespon aspirasi dan  keluhan masyarakat kecil yang membutuhkan bantuan.

Sisi lainnya isteri dari H. Zulkifli Akbar ini termasuk pribadi yang supel dan mudah menjalin kerjasama atau kemitraan dengan berbagai kalangan.  Akhirnya ia mampu membangun kebersamaan menuju keberhasilan suatu program.

Demikian sosok Prof. Reni sepanjang yang saya kenal selama ini.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia