Selasa, 09 Januari 2018

82 Juara dalam Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional

Batam — Rangkaian Acara Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013 ditutup dengan mengumumkan nama-nama pemenang dalam lomba. Lomba terdiri dari 17 jenis. Terdapat 15 jenis lomba kategori perorangan dan setiap jenis lomba memberikan predikat juara dari tingkat Harapan II hingga Juara I. Sedangkan 2 jenis lomba merupakan kategori kelompok dan setiap jenis lomba memberikan predikat juara 1 sampai 3. Sehingga total pemenang berjumlah 81, ditambah satu juara umum. Para pemenang menerima hadiah berupa uang tunai, piala, dan piagam penghargaan.
Ke-17 jenis lomba tersebut di antaranya lomba karya tulis untuk pengelola PAUD, lomba karya nyata untuk pemilik PAUD, lomba karya nyata untuk pengelola PKBM, lomba karya nyata untuk tutor pendidikan keaksaraan, lomba karya nyata untuk instruktur kursus tata busana, lomba karya nyata untuk instruktur komputer, serta dua jenis perlombaan kelompok, yaitu lomba senam poco-poco dan paduan suara.
Malam Anugerah Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013 berlangsung pada Senin malam, (7/10), di Ballroom Hotel Harmoni One, Batam, Kepulauan Riau. Dirjen PAUDNI Lydia Freyani Hawadi, membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh yang berhalangan hadir karena harus mengikuti KTT APEC di Bali.

Mendikbud mengatakan, menjadi pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI merupakan tugas yang berat namun sangat mulia. Kondisi pendidikan non formal dan informal berbeda dengan pendidikan jalur formal yang kelasnya sudah tertata rapi dengan fasilitas yang memadai. “Jalur nonformal hrs proaktif menyundang peserta didik dengan karakterisitik yang sangat beragam,” ujar Lydia saat membacakan sambutan Mendikbud M. Nuh.

Mendikbud juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI. Menurutnya, kemenangan yang diraih dalam lomba ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi tinggi. Ia berpesan agar mereka terus memberikan motivasi dan pengajaran dalam pendidikan nonformal dan informal. Berbagai inovasi dalam pendidikan sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas bangsa,” katanya.
Ke-85 pemenang mendapat hadiah berupa uang tunai, piala, dan piagam penghargaan. Untuk juara I lomba perorangan mendapat hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta, juara II sebesar Rp 15 juta, dan juara III sebesar Rp 10 juta. Sedangkan untuk juara harapan I sebesar Rp 8 juta dan juara harapan II sebesar Rp 7 juta. Sementara itu untuk kategori kelompok terdapat tiga juara. Juara I mendapat Rp 20 juta, juara II mendapat Rp 17,5 juta dan juara III mendapat Rp 12 juta.

Selain pemberian penghargaan kepada para pemenang, dalam Malam Anugerah Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013 juga dibacakan Rekomendasi Batam tentang Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI sebagai hasil dari seminar internasional. Acara juga dimeriahkan dengan berbagai tarian tradisional. (Teguh Susanto/HK, PIH)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia