Sabtu, 07 Oktober 2017

PAUD Kuncup Melati PIKA PKT Raih Juara 1 Nasional

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kuncup Melati berhasil meraih juara 1 Nasional pada ajang Lomba Lembaga Berprestasi Tingkat Nasional 2013 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia, penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak  Usia Dini, Nonformal Dan Informal Lyda Freyani Hawadi kepada Kepala Sekolah PAUD Kuncup Melati, Puji Astuti, di Jakarta, Rabu (4/12). PAUD Kuncup Melati yang mewakili Provinsi Kaltim, meraih nilai total 77,7, diikuti perwakilan dari Papua Barat dan dari Jambi di peringkat 2 dan 3.
 
PAUD Kuncup Melati merupakan salah satu bagian dari kegiatan Persatuan Istri Karyawan Pupuk Kaltim (PIKA PKT) dibidang sosial pendidikan. Menurut Ketua PIKA PKT, Tini Prastini, PAUD Kuncup Melati sebelumnya berhasil memenangi lomba serupa di tingkat Kota Bontang, kemudian menang di tingkat Provinsi Kaltim. “Maka provinsi Kaltim mengirimkan data kita untuk berpartisipasi di tingkat nasional”, ujarnya. PAUD Kuncup Melati memang memiliki sejumlah keunggulan yang menjadi kunci keberhasilannya, antara lain menjadi PAUD inklusi untuk anak berkebutuhan khusus, mempunyai lembaga PAUD binaan di sekitar Bontang, mempunyai program pelatihan untuk lembaga-lembaga PAUD lain serta menerima anak-anak kurang mampu untuk bersekolah di PAUD ini. “Kami secara rutin melakukan pelatihan untuk berbagi ilmu dengan PAUD lainnya”, tambah Tini.
 
Proses penilaian sendiri dari dari beberapa tahap, termasuk dilakukannya survey dan verifikasi oleh juri ke lokasi sekolah di Bontang. “Kami juga diwawancara dan diminta melakukan presentasi”, jelas Kepala Sekolah, Puji Astuti. 
 
Di tempat terpisah, Kadis Pendidikan Kota Bontang, Dasuki, saat dihubungi mengatakan, “Ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan,” ujarnya. Menurutnya bukan hanya Pupuk Kaltim dan Pemkot Bontang saja yang bangga, tapi juga masyarakat Bontang pada umumnya. Prestasi ini hendaknya menjadimoment untuk menata praksis pendidikan berkualitas menuju masyarakat berbudi luhur dan cerdas.  Dan itu, tambahnya, harus dimulai dari pendidikan usia dini.

“Selamat Kuncup Melati, selamat meraih prestasi,” ujar Kadis yang ramah ini.  Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim, Surya Madya, mengamini apa yang disampaikan Dasuki. “Semuanya membanggakan. Sukses selalu Kuncup Melati,” ujarnya tandas.
 
Semantara itu, Dirjen PAUDNI Kemdikbud, Lydia Freyani Hawadi dalam laporannya mengatakan, penyelenggaraan Apresiasi  lembaga berprestasi Tingkat Nasional dimaksudkan untuk memberikan penghargaan terhadap lembaga PAUDNI yang memotivasi yang memiliki inovasi, kreativitas, kontribusi positif dan pencitraan publik bagi lingkungan masyarakat sekitar.
 
Lomba Lembaga Berprestasi tingkat Nasional 2013 ini bertujuan untuk Memberikan dukungan, motivasi dan penghargaan bagi lembaga PAUD berprestasi dalam menyelenggarakan PAUD di tingkat kab/kota dan provinsi yang dapat menjadi model atau percontohan bagi lembaga PAUD lainnya, Memilih lembaga PAUD yang inovatif, kreatif dan memiliki kontribusi bagi lingkungan sekitar dalam penyelenggaraan program PAUD di tingkat kab/kota dan provinsi serta Memperkuat pengelolaan lembaga PAUD dalam pembelajaran anak usia dini yang berkualitas dan bermutu.

PAUD Terpadu Kuncup Melati dahulu bernama Kelompok Bermain Kuncup Melati dan berada di bawah naungan Persatuan Istri Karyawan Pupuk Kaltim (PIKA-PKT) yang berdiri sejak tahun 1986 dan berubah nama menjadi PAUD Terpadu Kuncup Melati PIKA-PKT sejak tahun 2010.

http://www.pupukkaltim.com

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia