Sabtu, 07 Oktober 2017

Dirjen PAUDNI Saksikan "First Lady" Sulut Nobatkan Bunda PAUD Kabupaten Kota

Manado (31/10). Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyaksikan penobatan Ny. Deitje Sarundajang Laoh Tambuwun sebagai Bunda PAUD Sulawesi Utara.

Bertempat di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Naomi Sarundajang salah satu anak PAUD dari Kabupaten Minahasa berkesempatan menyematkan selendang kepada First Lady pertanda pengukuhan secara resmi Bunda Deitje sebagai Bunda PAUD Sulawesi Utara dan selanjutnya Bunda Deitje menyematkan selendang kepada Bunda PAUD Kabupaten Kota yang sebagian besar merupakan isteri-isteri Bupati dan Walikota.

“Masa depan anak ada di tangan kita, terutama para bunda dan orang tua. Saya mengharapkan para Bunda PAUD di daerah nyiur melambai tercinta ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak usia dini dengan melaksanakan berbagai program pendidikan untuk peningkatan kecerdasan anak,” ajak Bunda Dei sapaan kesayangan ibu Sulut ini dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal PAUDNI memberi apresiasi bagi Sulawesi Utara karena mampu menumbuhkembangkan PAUD secara baik. “Secara umum kondisi program PAUD di Provinsi Sulut telah mencapai 66,72% untuk Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD usia 3-6 tahun. Dari 1.658 desa yang ada di provinsi Sulut, masih 425 desa yang belum ada PAUD nya dan itu berarti sekitar 77,23% desa yang sudah ada PAUD”, Kata Dirjen berdasarkan data.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua TP PKK Sulut Meike Kansil Tatengkeng, Sekretaris TP PKK Sulut Ester Mokodongan Turang, Sekretaris Daerah Provinsi,  Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara, dan sejumlah tamu undangan.

Pada kesempatan itu pula dilaksanakan berbagai lomba antara lain mobil hias, busana daerah, tari daerah anak PAUD, pameran edukatif, mendongeng dan mewarnai sebagai rangkaian acara Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2013 yang berlangsung sangat meriah, terbukti dengan dihadiri ribuan anak yang larut dalam kegembiraan yang datang dari berbagai Kabupaten Kota di Sulawesi Utara. (b-58.mul).

Sumber: www.bpksulut.com

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia