Kamis, 22 November 2018

Annas Maamun: Zaman Saya, PAUD Hanya Main Masak-masakan

PEKANBARU, GORIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun mengatakan, sejak Indonesia baru merdeka, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah ada, namun sifatnya baru sebatas bermain dan berkumpul anak-anak usia dini.

Hal ini diutarakannya saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Bunda PAUD Provinsi Riau, Kabupaten Rokan Hilir dan Kepulauan Meranti. "Dulu juga sudah ada, namun namanya bukan PAUD, karena hanya sekedar tempat main-mainan," kata Gubri.
 

Dirinya berharap kepada Bunda PAUD Provinsi Riau, Hj Latifah Hanum yang baru saja dilantik agar bisa memberikan pelayanan pendidikan terhadap anak usia dini secara maksimal. Karena pendidikan anak yang dimulai dari usia dini sangat penting.
"Pendidikan usia dini merupakan dasar membentuk anak yang cerdas dan berkreasi. Untuk itu, perlu dilakukan penguatan terhadap pendidikan anak usia dini tersebut," harap Gubri.


Hal yang sama juga diharapkan Gubri kepada Bunda PAUD Kabupaten Rokan Hilir, Wan Mardiana dan Bunda PAUD Kabupaten Kepulauan Meranti, Nirwana Sari yang juga baru dilantik, begitu juga kepada kabupaten/kota lainnya.
"Pendidikan usia dini pada saat Indonesia baru merdeka baru sebatas main-main seperti anak laki-laki melukis di atas batu, sementara anak perempuan bermain masak-masakan," kata Gubri.
 

Hadir dalam pelantikan tersebut Dirjen Paudni Kemdikbud, Prof Dr Lydia Freyani Hawadi, mantan Bunda PAUD Provinsi Riau, Hj Septina Primawati Rusli, Bunda PAUD kabupaten/kota se-Riau, pengelola PAUD se-Riau, guru dan peserta didik PAUD.
 

"Pendidikan PAUD sangat penting. Jadi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota harus memiliki andil yang besar untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di Riau," papar Gubri.***

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia