Selasa, 26 September 2017

Bupati Agam: PAUD Untuk Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk pengembangan pendidikan anak usia dini.

"Ini dasar kita untuk mengembangkan pendidikan bagi anak usia dini," kata Indra Catri saat menghadiri pelantikan 467 orang Bunda PAUD Jorong se-Kabupaten Agam di Aula Pusdiklat Baso, Sabtu (1/2).

Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Agam akan selalu mendampingi dan membina semua lembaga PAUD yang berada di wilayah Agam, sehingga bisa mengisi kekosonggan dalam dunia pendidikan.

Selanjutnya Bunda Paud dapat membentuk layanan Paud melalui Satgas Bunda Paud terutama dinas instansi terkait. "Pentingnya Bunda untuk mendidik anak usia dini sangat diperlukan saat ini," katanya.

Bupati berharap semua Bunda PAUD yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas pokok yang diberikan dengan baik sehingga pengembangan PAUD di Agam betul-betul sampai ke jorong.

Sementar itu Direktorat Jendra (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (PAUDNI) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr Lydia Freyani Hawadi Psi mengatakan, proses pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dipengaruhi 3 pilar utama yaitu, kesehatan, gizi dan stimulasi psikologi yang dilaksanakan secara terpadu.
Untuk terlaksananya 3 pilar tersebut diminta peran serta semua komponen masyarakat untuk membangun komitmen demi terwujudnya sumber daya manusia berkualitas pada masa yang akan datang.

Pada tahun 2012, data yang ada di Direktorat pembinaan PAUD Kabupaten Agam jumlah lembaga PAUD sebanyak 277 lembaga,  tenaga pendidik PAUD yang dimiliki  948 orang, jumlah jorong 8.213 jorong yang beluam ada PAUD, jumlah anak didik 32.811 dan yang bias terlayani 15.466 berarti sekitar 656,3 % selebihnya belum.


Lydia berharap PAUD di Kabupaten Agam bisa berkembang dengan baik sehingga semua anak usia dini dapat pendidikan, perlindungan dengan baik sehingga nanti bisa menciptakan generasi muda dari usia dini tercapai.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam
www.agamkab.go.id

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia